KATA PENGANTAR
Amanah Undang – Undang Nomor 20 Th. 2003 pasal 26 ayat : 4 bahwa lembaga kursus & pelatihan sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan Non Formal adalah sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat ( Long life education ).
Secara konseptual Lembaga Kursus dan Pelatihan adalah lembaga yang existensinya diprakarsai oleh masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan skill & knowledge yang berorientasi pada pemenuhan Tenaga Kerja dalam Dunia Usaha & Dunia Industri, sehingga out put yang diharapkan mampu menghasilkan kelulusan yang berkualitas, memiliki kompetensi & berdaya saing di pasar regional, nasional maupun global.
|
1. Nama Lembaga : LKP Palapa English College
2. Nama Ketua : ACHMAD KASYTHOLANI, S.S.
3. Nomor SK Pengangkatan : 01/YASPA-SMP/I/20
4. AlamatLembaga :
a. Jalan : JL. IMAM BONJOL No. 92
b. Dusun : -
c. RT : 02
d. RW : 01
e. Desa/Kelurahan : PAMOLOKAN
f. Kecamatan : SUMENEP
g. Kabupaten : SUMENEP
h. Provinsi : JAWA TIMUR
i. KodePos : 69412
5. NomorAktaNotaris : 52
6. Nama Bank : BANK BRI CABANG SUMENEP
7. NomorRekening : 364301020078537
8. Cabang Bank : CABANG SUMENEP
9. NPWP : 70.257.719.8-608.000
10. Nomor KTP Ketua : 3529010606670008
11. NomorTlp / HP : 081330230009
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Lembaga Kursus & Pelatihan Kerja, sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan Non Formal / Kursus ( UU No. 20 / 2003 pasal 26 ayat : 4 ) perlu terus ditingkatkan mutu, relevansi dan kemampuan daya saingnya. Lembaga Latihan Kerja yang bermutu, relevan dan berdaya saing hanya bias terwujud jika terjadi peningkatan Renovasifasilitas /sarana & prasarananya.
Pertumbuhan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, akhir – akhir ini berkembang sangat pesat mulai dari pelosok desa sampai kota. Variasi mutu Out put Lembaga, program / Kejuruan, manajemen dan sistem pengelolaan nya sangat beragam, dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang berfasilitas seadanya, tempat pelatihan yang mengontrak sampai Lembaga Pelatihan di gedung bertingkat & berfasilitas lumayan bagus. Keberagaman variasi inilah yang perlu mendapat perhatian Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terutama bagi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang exis, mengakar dan memiliki kejuruan pro terhadap pasar kerja serta lulusannya mampu terserap ataupun tersalur dalam pasar kerja atau Dunia Usaha & Dunia Industri. Sehingga lembaga – lembaga tersebut bisa mendapatkan perhatian melalui pemberian bantuan berupa Pelatihan – Pelatihan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat yang kurang mampu.
Melalui bantuan Pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan mutu & mampu berdaya saing dalam mencetak tenaga kerja yang handal, siap pakai dan penguasaan skill yang baik sehingga akan terbuka luas terserap dalam dunia kerja. Dengan demikian peranan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan dibawah binaan Dinas Pendidikan sebagai mitra pemerintah dalam menggali potensi masyarakat melalui peningkatan Sumber Daya Manusia benar – benar bisa terwujud. Karena tanggung jawab mencerdaskan bangsa adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Swasta maupun masyarakat pada umumnya.
B. SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai dalam Bantuan Dana Operasional ini adalah :
1. Terselenggaranya pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) ssesuai dengan ketentuan & aturan yang berlaku sehingga lembaga bias memanfaatkan bantuan tersebut secara maximal dalam mendukung proses kegiatan Pendidikan dan pelatihan.
2. Bantuan Dana Operasional di LKP Palapa English College tersebut untuk mengembangkan Lembaga agar lebih berdaya saing dan mampu memberikan pelatihan bagi masyarakat yang kurang beruntung dan kurang mampu agar memiliki keterampilan dan keahlian.
BAB II
PROFIL LEMBAGA
- NamaLembaga
Lembaga KursusdanPelatihan (LKP) Palapa English College adalah lembaga dibawah binaan Dinas Pendidikan KabupatenSumenep dengan ijin OperasionalNomor : 420/05/435.101/2015 dan memiliki Akta Notaris Nomor 52, tanggal 12 September 2014 yang dikeluarkan oleh DR. SJAIFURRACHMAN, SH., MH. LKP Palapa English College melaksanakan pendidikan program Kursus Reguler dengan tingkatan : English For Kids Pre-Starter, English For Kids Starter, English For Kids Junior, English For Kids Senior, Beginner One, Beginner Two, Basic One, Basic Two, Intermediate One, Intermediate Two, Anvanced serta mengembangkan program Extention (kursus Privat). Materi Pembelajaran yang diberikan misalnya English Grammar, English Conversation, Business English ( Khusus Tingkat Terampil II danMahir ), dan Program “BIMBINGAN BELAJAR” TOEIC dan TOEFL ( Grammar, Vocabulary, Writing, Reading, Listening). Kurikulum yang digunakan adalah hasil pengembangan dari Litbang LKP Palapa English College dengan system kerjasama penyusunan kurikulum dengan Lembaga dinas yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep serta mitra dalam kerjasama, diantaranya BANK BNI, BANK BCA dan RRI Sumenep.
- StrukturOrganisasi
Untuk melaksanakan operasionalisasi lembaga baik secara Administratif & Teknis maka dibentuklah Struktur Organisasi lembaga guna memberikan gambaran kerja yang disesuaikan dengan tugas, pokok, fungsi serta tanggungjawab masing – masing dalam melaksanakan aktivitas.
Adapun struktur organisasi LKP Palapa English College Sumenep sebagai berikut :
Keterangan :
Pimpinan : Achmad Kasytholani, S.S.
Sekretaris : Achmad Septriyanto
Bendahara : Moh. Syarbini Husin
Pendidik : Mohammad Iskandar
Abd. Salam
Nurul Qadriyanti
Yusroni Farlan
Nur Awaliyah Putri
Ramdhan Firdaus
Ø JOB DISCRIPTION :
- Pimpinan
Bertanggung jawab terhadap seluruh manajemen baik secara administratif maupun teknis mulai dari Perencanaan sampai Evaluasi serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan manajemen secara operasional dan global.
- Sekretaris
Membantu Pimpinan dalam mempersiapkan dan melaksanakan segala aktifitas yang menyangkut administratif dan perencanaan serta pelaporan.
- Bendahara
Bertanggung jawab terhadap Administrasi Keuangan lemabaga, seperti Sirkulasi keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran serta pembuatan laporan keuangan, membuat cash flow, estimasi dan realisasinya secara berkala maupun insidental.
- Pendidik
Bertugas mendidik secara teori maupunpraktek kepada Siswa – siswi, sesuai dengan jenis keahliannya dan membantu siswa - siswi dalam memecahkan masalah – masalah yang dihadapi selama proses Pendidikan & Pelatihan juga memberikan motivasi – motivasi guna tercapainya tujuan pelatihan yaitu terciptanya siswa-siswi yang berhasil guna dan berdaya guna dalam mengembangkan skill, knowledge dan attitude sehinngga mampu mengisi pasar kerja sesuai dengan kompetensinya.
- VISI DAN MISI LEMBAGA
VISI : terwujudnya generasi perintis pendidikan yang berwawasan luas dan
menentramkan.
MISI :
1. Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif,efektif, menyenangkan dan inovatif
2. Menjalin kerjasama dengan mitraterkait
- SARANA DAN PRASARANA LEMBAGA
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja (LKP) LKP Palapa English College– SUMENEP masihmuda, namun berkat tekad, semangat & kemampuan pengelolaan yang cukup baik sehingga bias berjalan & mendapat kepercayaan dari masyarakat & pemerintah. Sarana – prasarana yang dimiliki LKP Palapa English College Cukup lengkap dalam menopang tingkatan tertentu seperti : English For Kids Pre-Starter, English For Kids Starter, English For Kids Junior, English For Kids Senior, Beginner One, Beginner Two, Basic One, Basic Two, Intermediate One, Intermediate Two, Anvanced serta mengembangkan program Extention (kursusPrivat ) perlu mendapat perhatian. Sehingga melalui pengajuan proposal bantuan Renovasi fasilitas ini kami berharap mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal KementerianP endidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Adapun daftar Sarana dan prasarana sebagai fasilitas LKP Palapa English College Sumenep adalah sebagai berikut :
DAFTAR SARANA LKP Palapa English College
Jl. Imam Bonjol N0. 92 Sumenep, Madura –JawaTimur
NO | PERALATAN | JENIS SARANA & PRASARANA | JUMLAH | KET. |
1. | Kelas | Kursi pengajar | 10 buah | |
Meja pengajar | 10 buah | |||
Kipas angin | 19 buah | |||
Kursi Siswa | 240 buah | |||
Kursi Belajar ( Kursi Lipat ) | 20 Buah | |||
Meja Siwa | 68 buah | |||
White Board | 10 Buah | |||
Spidol Board Maker | 20 buah | |||
Penghapus | 10 buah | |||
Alat – alatPenunjang : | ||||
Komputer | 1 set | |||
Laptop | 1 Set | |||
TV | 2 Buah | |||
LCD PROYEKTOR | 1 Set | |||
TV LCD | 1 buah | |||
Sound Listening | 7 buah | |||
Alat peraga | 6koper | |||
Lemari Penyimpanan | 1Buah | |||
2. | Kantor | Meja Kantor | 4 buah | |
Kursi Kantor | 7 buah | |||
Lemari | 1 buah | |||
Komputer | 2 set | |||
AC | 1 set | |||
Printer | 1 set | |||
Scanner | 1 set | |||
Wifi | 1 set | |||
Finger Print | 1 buah | |||
Camera Digital | 1 buah | |||
ATK | memadai | |||
Peralatan Administrasi | memadai |
DAFTAR PRASARANA LKP Palapa English College
Jl. Imam Bonjol N0. 92 Sumenep, Madura –JawaTimur
No | GEDUNG | LUAS (M2) | JUMLAH (UNIT) | KET |
1 | Ruang kantor | 24 | 1 | |
2 | Ruang kelas Reguler | 50 | 6 | |
Ruang kelas Privat | 12 | 4 | ||
5 | Toilet | 6 | 2 | |
6 | Ruang Ibadah | 12 | 1 |
- TENAGA KEPENDIDIKAN DAN PENDIDIK
NO | NAMA | PENDIDIKAN | JABATAN |
1 | Achmad Kasytholani, S.S. | S1 | Pimpinan |
2 | Achmad Septriyanto | SMA | Sekretaris |
3 | Moh. Syarbini Husin | D3 | bendahara |
4 | Mohammad Iskandar | S1 | Pendidik |
5 | Abd. Salam | D1 | Pendidik |
6 | Nurul Qadriyanti | S1 | Pendidik |
7 | Yusroni Farlan | S2 | Pendidik |
8 | Nur Awaliyah Putri | S1 | Pendidik |
9 | Ramdhan Firdaus | S1 | Pendidik |
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal kami ajukan semoga Bapak/Ibu dapat mengabulkan bantuan dana tersebut guna untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan jenis kursus komputer di LKP Palapa English College Sumenep.
Kami sangat berharap agar proposal yang diajukan benar-benar terwujud sehingga bias membantu menambah jumlah sarana dan prasarana di LKP Palapa English College Sumenep.
Direktur,
LKP Palapa English College Sumenep
ttd
ACHMAD KASYTHOLANI, S.S.
0 komentar:
Posting Komentar